Melatih ikan channa agar galak atau mangap-mangap - MOEH BETTA JAYA

Melatih ikan channa agar galak atau mangap-mangap

Membuat Channa Stewartii Berwarna Biru Cerah

Channa barca palsu, itulah yang sering orang bilang tentang Channa stewartii. Sekilas mata melihat stewartii memang mirip barca, hanya ukurannya saja yang lebih kecil.

 dan siripnya biru berbintik-bintik dengan garis kuning tipis pada siripnya. Channa ini harganya agak mahal, karena ikan remaja biasanya dihargai satu juta lebih per ekornya.

Seringkali di TikTok saya melihat video-video pendek ikan channa atau gabus yang sangat menarik. Begitu ada tangan yang mendekat ke akuarium, channa di dalamnya langsung membuka mulut dan menabrak nabrak kaca. Begitu tangan masuk ke air channa langsung berontak dan menggigit tangan dengan ganas. Sungguh ikan-ikan yang galak.



Sangat menarik bila kita memiliki channa yang galak dibandingkan channa yang kalem-kalem saja. Melihat channa yang aktif tentu saja lebih enak dibandingkan melihat channa yang hanya diam di dasar akuarium saja.

Beberapa jenis channa memang sudah terlahir galak seperti channa auranti dan channa maru. Dan ada juga channa yang punya sifat bawaan kalem seperti channa bleheri dan asiatica. Namun bukan berarti channa yang kalem tidak bisa dilatih menjadi galak. Semua jenis channa bisa dilatih bermental preman dengan cara yang saya tulis di bawah ini.


Cara yang sudah banyak dipraktekkan adalah dengan memberi makan channa 2 hari sekali. 

Berilah channa makan sampai kenyang 2 hari sekali dan selain itu tidak diberi makan. Cara ini akan membuat channa lapar dan tambah agresif. Bila dilakukan terus dan berkelanjutan maka jiwa preman channa akan muncul dan ikan menjadi tambah galak.

Namun bila teman teman merasa kasihan kalau channa cuma diberi makan 2 kali sehari bisa dengan alternatif berikut ini.

Berilah makan channa sampai kenyang seminggu sekali dengan pakan hidup seperti jangkrik, ikan, ulat hongkong, atau udang. Sedangkan pada hari-hari selain itu channa cukup diberi snack ringan berupa pelet dalam jumlah sedikit. Dengan cara ini channa juga akan selalu lapar dan lama kelamaan mentalnya akan terbentuk.


Menjaga kebersihan air

Selain faktor makanan, channa yang galak juga dipengaruhi oleh tempat tinggalnya. Bila tempat tinggalnya bersih channa akan lebih aktif bergerak dibandingkan bila tempat tinggalnya kotor.

Jadi kita wajib menjaga kebersihan air akuarium dan memastikan parameter air sesuai untuk channa. 


Sering mengajak bermain

Channa yang sering diajak bermain dan berinteraksi dengan pemiliknya akan lebih aktif dibandingkan channa yang tidak pernah diajak bermain.

Kita sebaiknya secara teratur mengajak channa bermain dengan mendekatkan tangan ke arah kaca agar channa mendekat dan mengikuti gerakan tangan kita. Sesekali mengetuk kaca dengan ketukan ringan juga baik untuk mengetes keberanian channa.

Dengan rajin mengajak channa bermain akan semakin cepat membentuk mental channa.

Jadi kesimpulannya adalah dengan mengatur pola makan, menjaga kondisi air, dan sering mengajak bermain akan dapat membentuk channa galak bermental preman.

Posting Komentar untuk "Melatih ikan channa agar galak atau mangap-mangap"